Mahasiswa Amikom Gelar Penyuluhan Digital Marketing dan Pelatihan Desain di UMKM Desa Triharjo

Rembuk  

TRIHARJO -- Kelompok Proyek Sosial dari Mahasiswa Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan berupa penyuluhan yang bertema 'Pelatihan Desain dan Digital Marketing pada UMKM Tobong Pandan Sepasang' di Dusun Murangan VII, Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.

Sesi foto bersama Mahasiswa Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta dengan pemateri dan anggota UMKM Tobong Pandan Sepasang

Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi terdapat tiga poin salah satunya yaitu pengabdian kepada masyarakat. Biasanya pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh beberapa perguruan tinggi adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun, Universitas Amikom Yogyakarta khususnya Prodi Ilmu Komunikasi memiliki program pengabdian masyarakat yang berbeda tidak seperti KKN.

Program tersebut bernama Proyek Sosial. Proyek Sosial ini merupakan mata kuliah wajib Jurusan Ilmu Komunikasi yang berbobot 4 SKS. Dalam Proyek Sosial, mahasiswa dituntut untuk bisa bekerja sama dengan sebuah mitra dengan tujuan mencari permasalahan yang sedang dialami oleh mitra tersebut yang kemudian bersama-sama mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk mitra yang diajak bekerja sama seperti dari desa wisata/UMKM/Organisasi yang memiliki dampak terhadap lingkungan sekitarnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kelompok 2 yang beranggotakan 10 orang dengan dosen pembimbing Ibu Riski Damastuti memilih mitra kerja sama dengan UMKM Tobong Pandan Sepasang. Tobong Pandan Sepasang yang merupakan usaha bergerak di bidang pertanian, perikanan, peternakan, dan pengairan memiliki berbagai macam produk yang ditawarkan. Kelompok 2 memilih UMKM Tobong karena melihat potensi dan peluang yang besar dari UMKM tersebut, tetapi masih kurang maksimal dalam mengelola potensi dan peluang tersebut.

Salah satu program kerja yang dilakukan oleh kelompok ini yaitu mengadakan kegiatan Pelatihan Desain dan Digital Marketing pada UMKM Tobong Pandan Sepasang yang berlangsung pada hari Kamis 22 Desember 2022 di Murangan VII, Triharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY. Pelatihan ini dibuka dengan sambutan dari ketua kelompok Rivaldy Dhean Prayoga dan kemudian berlanjut dengan pemaparan materi oleh narasumber dosen Universitas Amikom Yogyakarta yaitu Raden Arditya Mutwara Lokita.

Raden Arditya Mutwara Lokita selaku pemateri memberikan penjelasan mengapa desain itu sangat penting dalam membangun sebuah usaha. Desain sangat penting dalam membangun usaha karena pada zaman sekarang ini jasa desain grafis dihargai dengan sangat mahal dan juga memiliki nilai jual tersendiri. Selain itu, ia juga memaparkan materi mengenai digital marketing. Dalam dunia pemasaran zaman sekarang digital marketing digunakan sebagai senjata promosi dalam dunia digital yang sangat memudahkan kita dalam berpromosi.

“Penyampaian materi seminar sangat baik dan menarik, sehingga memudahkan cara menggunakan aplikasi edit yang bisa juga menggunakan gadget yang semua anggota Tobong Pandan Sepasang memilikinya,” ujar salah satu peserta, Zulan.

Dalam menjalankan kegiatan tersebut para anggota kelompok 2 juga memberikan pelatihan cara editing dengan menggunakan aplikasi Canva melalui gawai. Para peserta antusias untuk belajar cara mengedit tersebut yang bisa dibilang mudah dan simpel.

Pelatihan Desain dan Digital Marketing ini dilaksanakan berdasarkan solusi atas permasalahan yang ditemui pada UMKM Tobong Pandan Sepasang. Para anggota UMKM Tobong saat ini masih belum bisa untuk mendesain produk-produknya sendiri dan untuk promosi produk mereka hanya dari mulut ke mulut maupun dari orang-orang terdekat saja. Sehingga menurut kelompok 2 perlu terdapat kegiatan seminar pelatihan desain mengenai desain dan digital marketing.

"Digital marketing sangat diperlukan di era ini karena kita tahu semua orang menggunakan gadget dan memiliki kehidupan tersendiri di sana, yaitu kehidupan digita," ujar Fiqo, MC yang memandu seminar pelatihan digital marketing Tobong pandan sepasang.

Berita Terkait

Image

Pelatihan Pemasaran Digital di Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni

Image

Mahasiswa Amikom Gelar Pelatihan di Padukuhan Piyungan

Image

Mahasiswa Amikom Gelar Penyuluhan Medsos di Desa Sriharjo

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image