Pelatihan Pemasaran Digital di Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni
YOGYAKARTA -- Kelompok Proyek Sosial dari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta mengadakan kegiatan berupa pelatihan yang bertema “Strategi Pemasaran Digital melalui Instagram, E-Commerce, dan edukasi Packaging dalam Menunjang Promosi UMKM Jamu Lugu Murni” kepada mitra pengurus Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni, pada Kamis (15/12/2022) hingga Senin (19/12/2022) lalu.
Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini untuk menambah wawasan pengurus di Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni tentang meningkatkan kualitas dari konten media sosial dan e-commerce sebagai media promosi digital, serta memperbagus kemasan atau packaging sebagai peningkatan mutu kualitas penjualan jamu kepada konsumen.
Dalam sambutannya, generasi ketiga pemilik Jamu Lugu Murni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta karena merasa sangat terbantu dari sektor media sosial, penjualan secara online, serta meningkatkan kualitas kemasan produk.
Dengan adanya sosialisasi, pengelola Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni menjadi paham bagaimana menganalisis instagram dengan mengekspos foto dan video yang berisikan informasi dan promosi produk Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni, menganalisis penjualan online melalui e-commerce, serta membuat kemasan atau packaging lebih menarik, unik, dan efisien. Hal itu membuat jangkauan promosi dan penjualan jamu menjadi lebih luas.
Pemanfaatan sumber daya manusia yang ada di Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni, rata-rata berusia lanjut (kisaran 50 hingga 60 tahun), dan pengelola jamu tersebut berharap adanya gerakan pemuda yang menangani Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni dengan baik, aman, dan terstruktur.