Mahasiswa Amikom Gelar Pelatihan di Padukuhan Piyungan

Rembuk  
Foto bersama kegiatan proyek sosial dilaksanakan di Padukuhan Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan Proyek Sosial program studi S1 Ilmu Komunikasi oleh Mahasiwa Universitas Amikom Yogyakarta bersama tim Pemuda Peduli lingkungan (Pepeling) dilaksanakan di Padukuhan Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini terkait dengan mata kuliah Proyek Sosial Kelompok Teman Kita yang dipimpin oleh Novi Ariyanto selaku ketua dan dibimbing oleh Riski Damastuti selaku dosen mata kuliah Proyek Sosial.

Setelah melihat situasi serta kondisi dari tim Pepeling dan Pengolahan sampah di Padukuhan Piyungan, tim memutuskan rencana proyek sosial yang akan dilakukan di padukuhan Piyungan tersebut untuk bersama mengembangkan tim Pepeling yang telah diberikan izin serta arahan dari Muhammad Sholinurudin selaku ketua dari tim Pepeling dan Tony Subagya selaku kepala Dukuh Padukuhan Piyungan.

Pepeling memiliki potensi untuk lebih mengembangkan olahan sampah organik. Dengan banyaknya sampah organik yang belum diolah ini menjadi peluang yang besar selain dijadikan media tanam untuk masyarakat di padudukan Piyungan. Sehingga peluang tersebut menjadikan Pepeling dapat lebih maksimal lagi dalam memanfaatkan sampah organik dan memasarkan hasil olahan melalui platform digital agar memiliki nilai jual lebih.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun yang menjadi permasalahan tim Pepeling belum bisa memasarkan produknya karena belum memiliki media untuk promosi serta belum paham dalam memasarkan produk. Selain itu, Pepeling juga belum mempunyai logo dan merek jual untuk melakukan branding serta memasarkan produknya.

“Saya ikut senang ada mahasiswa yang melirik kegiatan kami, sehingga kami termotivasi untuk lebih mengembangkan apa yang sudah kami mulai. Saya berharap mahasiswa Ilmu Komunikasi dari Universitas Amikom dapat membantu kami dalam aspek pemasaran melalui social media nantinya," ujar Ketua Pepeling,Muhammad Sholinurudiin.

Dari permasalahan tersebut tim Proyek Sosial Teman Kita mencoba untuk menyelesaikan atau setidaknya meringankan permasalahan dari tim Pepeling, dengan mulai pengenalan bagaimana melakukan branding di platform digital melalui sosialisasi pada tanggal 3 desember 2022. Selain mengadakan sosialisasi, tim Proyek Sosial ini juga membuatkan video tutorial mengenai budidaya magot, media untuk budidaya magot, lalu mendesain logo untuk merk jual dan membuatkan media sosial serta mengoptimalkannya.

Dengan adanya kegiatan proyek sosial di Padukuhan Piyungan ini diharapkan terdapat perubahan dan juga perkembangan bagi Padukuhan Piyungan agar mampu memanfaatkan hasil pengolahan sampah organik dengan maksimal serta memiliki nilai jual yang berguna bagi Tim Pepeling dan juga Padukuhan Piyungan.

Berita Terkait

Image

Mahasiswa Amikom Gelar Penyuluhan Digital Marketing dan Pelatihan Desain di UMKM Desa Triharjo

Image

Pelatihan Pemasaran Digital di Jamu Jawa Tradisional Lugu Murni

Image

Mahasiswa Amikom Gelar Penyuluhan Medsos di Desa Sriharjo

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Kategori

× Image