Potret Pendidikan di Pelosok Desa

Rembuk  

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Miftahul Jannah Daha adalah sekolah yang terletak di Desa Daha, Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Desa yang berada tepat di bagian Timur Laut Pulau Sumbawa itu menghubungkan Kabupaten Sumbawa, Bima, dan Dompu.

Fasilitas pendidikan masih jauh tertinggal. Bangunan sekolah nyaris ambruk termakan usia. Padahal, sekolah tersebut menjadi sarana belajar bagi anak-anak dalam menggapai impiannya.

Salmah, salah satu guru baru, merasa prihatin dengan sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar siswa yang tidak memadai.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Saya meringankan langkah kaki demi tercapainya pemerataan pendidikan. Walaupun jarak rumah saya dan sekolah cukup jauh, ini menjadi tantangan tersendiri bagi saya,” katanya.

Usman, selaku kepala sekolah, berharap kondisi ini menjadi perhatian khusus pemerintah daerah, juga semua pihak. Setidaknya, semangat anak-anak dalam menggapai impian bisa didukung dengan sarana dan prasarana belajar yang memadai.

"Ke depannya, kita berharap madrasah ini menjadi pondasi pendidikan bagi anak-anak, sehingga kita terus mendorong adanya SDM yang unggul, sarana dan prasarana yang memadai, sehingga visi, misi, dan cita-cita madrasah bisa tercapai," ungkapnya.

Salah satu yang menjadikan pendidikan berkembang ialah sumber daya manusia yang unggul dengan di dukung oleh sarana dan prasarana memadai.

Madrasah ini menarik perhatian masyarakat. Betapa tidak? Muridnya terdiri dari berbagai desa di wilayah Kecamatan Hu'u, yang dijemput setiap pagi dan diantar kembali ke rumah sepulang sekolahnya.

Berita Terkait

Image

Pola Pendidikan Keluarga

Image

Perpustakaan dan Kisah Mantan Buku Paket

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Meniti cahaya ilahi

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image