Targetkan 2.000 Pengajar Alquran, LP2DQ Gelar ToT Dirosa

Rembuk  

CIBINONG -- Dalam menjalankan misinya untuk membina masyarakat pada bidang pengajaran dasar Alquran, Wahdah Islamiyah melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan Dasar Qur'an (LP2DQ) berkomitmen untuk memberantas buta huruf Alquran di negeri ini.

Oleh karena itu, dibutuhkan banyak pengajar-pengajar Alquran untuk mewujudkan target mulia ini. Hingga saat ini, jumlah pengajar Alquran di bawah binaan LP2DQ melalui DPW dan DPD yang ada di daerah belum mencapai 2.000 orang. Maka, untuk mencapai target 2.000 pengajar Alquran dalam tahun ini diadakanlah pelatihan pengajaran dasar Alquran yang baru saja selesai diadakan di Komplek Ponpes Wahdah Islamiyah Cibinong Bogor dari tanggal 26-28 Agustus 2022 lalu. Pelatihan ini dikenal dengan ToT (Training of Trainer) Dirosa.

Ustaz Saripuddin selaku ketua panitia menyebutkan bahwa terselenggaranya pelatihan ini mendapat amanah langsung dari DPP Wahdah Islamiyah karena bertepatan dengan agenda tahunan LP2DQ yang dipimpin oleh Ustaz Komari, penemu metode Dirosa. "Pelaksanaannya adalah kerja sama DPP dan DPW Wahdah Islamiyah Jakarta. DPP sudah menghadirkan tim pusat (tim Ustaz Komari penemu metode Dirosa dengan tim), dan kami yang di Jakarta menyiapkan akomodasi dan sarananya," katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Agenda tahunan LP2DQ sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Komari adalah memberikan pelatihan atau meng-upgrade skill mengajar para pengajar Alquran/ guru ngaji yang menggunakan metode Dirosa. Di mana metode ini merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengajarkan dasar membaca Alquran kepada orang dewasa.

Bertepatan dengan bulan Agustus lalu, Ustaz Komari memberikan mandat kepada DPW DKI Jakarta Depok sebagai penyelenggara ToT Dirosa. "Pada ToT kali ini kami memberikan mandat kepada DPW DKI Jakarta untuk penyelenggara. Panitia pelaksana ToT Dirosa kali ini yang difokuskan pada peserta yang berasal dari wlilayah Indonesia Barat yaitu Sumatera, seluruh Jawa, dan ada juga ditambahkan Kalbar, Kalteng, dan Kalsel, tetapi peserta dari Kalimantan berhalangan hadir," jelas Ustaz Komari kepada tim Media WIZ Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Acara ToT Dirosa terselenggara dengan lancar dan mendapatkan dukungan dari berbagai instansi yaitu Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), Basaer, SDQu, Yayasan Al Hijaz Al Khairiyah, Hejaz Printing, dan Ayam Geprek Kang Sinda. Selain itu ada juga yang berasal dari beberapa personal yang berdonasi langung untuk menyukseskan acara ini.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Content Writer, MF

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Kategori

× Image